Tips Supaya Bisa Bangun Pagi


Tips Supaya Bisa Bangun Pagi


Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Halo Sobat, bertemu lagi dengan Catatan Saputro. Pada kesempatan kali ini, Catatan Saputro akan memberikan sedikit tips kepada Sobat supaya bangun tidurnya tidak kesiangan lagi. Orang yang bangun pagi memiliki waktu yang lebih daripada orang yang bangunnya siang sehingga mereka menjadi lebih produktif. Orang yang bangun pagi juga memiliki kesempatan lebih untuk menghirup oksigen yang masih bersih. Sehingga tidak ada lagi alasan ya Sobat supaya besok tidak bangun kesiangan lagi. Berikut Catatan Saputro telah merangkum beberapa tips yang mungkin dapat Sobat coba lakukan:

1. Pasang Alarm


Sebelum tidur, Catatan Saputro sangat menyarankan Sobat untuk memasang alarm. Pasanglah alarm lebih dari satu waktu untuk mengantisipasi jika Sobat masih terlelap ketika alarm pertama berdering. Letakkan alarm pada meja yang letaknya sedikit jauh dari tempat tidur supaya ketika alarm berdering Sobat harus bangun dari tempat tidur dan melangkah terlebih dahulu sebelum mematikan alarm.

2. Rapikan Tempat Tidur Terlebih Dahulu


Tidur di tempat yang rapi dan bersih akan membuat istirahat Sobat menjadi lebih berkualitas. Cobalah Sobat rapikan dan bersihkan tempat tidur terlebih dahulu, sebelum merebahkan badan.

3. Hindari Makan Mendekati Waktu Tidur


Jika Sobat makan malam mendekati waktu tidur, akan membuat tidur Sobat menjadi nyenyak dan membuat keesokan harinya susah untuk bangun pagi. Usahakan tunggu sekitar 2 jam sebelum Sobat tidur. Langsung tidur setelah makan tidak baik bagi kesehatan karena makanan yang masuk tidak bisa dicerna dalam waktu sekejap.

4. Tidur Lebih Awal


Tak bisa dipungkiri memang jika ingin bangun pagi maka konsekuensinya Sobat harus tidur lebih awal dari biasanya. Kebutuhan waktu tidur Manusia dalam sehari yaitu 7 – 8 jam.

5. Jangan Minum Kopi


Catatan Saputro sangat menyarankan kepada Sobat untuk tidak mengkonsumsi kopi pada malam hari, bahkan jangan minum kopi jika Sobat ingin selalu bisa bangun pagi. Karena kandungan kafein dalam kopi akan membuat waktu tidur Sobat menjadi tertunda sekitar 5 jam dan lebih buruknya lagi waktu tidur Sobat selanjutnya menjadi tidak teratur dan berantakan.

6. Matikan Smartphone Sobat


Hentikan penggunaan smartphone dan nonaktifkan kira – kira 30 menit sebelum Sobat tidur. Letakkan smartphone di meja yang letaknya agak jauh dari tempat tidur karena radiasi yang ditimbulkan smartphone sangat berbahaya bagi kesehatan Sobat.

7. Niatkan Bangun Pagi Untuk Sholat Subuh Di Masjid


Sebagai seorang muslim, wajib hukumnya untuk melaksanakan sholat. Maka berdo’alah dan minta pertolongan kepada Allah SWT agar dibangunkan sebelum adzan sholat subuh berkumandang sehingga Sobat bisa melaksanakan sholat subuh berjamaah di masjid.


Itulah beberapa tips yang dapat Catatan Saputro sampaikan. Kunci supaya Sobat bisa selalu bangun pagi adalah yakinkan pada diri Sobat bahwa bangun pagi itu mudah. Semua hal itu menjadi mungkin jika Sobat selalu yakin dan percaya pada diri sendiri bahwa Sobat bisa melakukannya.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

0 Response to "Tips Supaya Bisa Bangun Pagi"

Post a Comment